DAMPAK MODERNISASI DAN GLOBALISASI BAGI INDONESIA

Indonesia merupakan negara kepulauan. Saat ini negara Indonesia sedang mengalami penurunan. Indonesia mempunyai faktor dalam bidang sosial dan budaya. Di bidang itu terdapat dampak positif dan negatif. Positifnya negara Indonesia sering bertukar budaya dengan negara lain. Sedangkan negatifnya misalnya di bidang budaya seperti Indonesia sering meniru budaya dari negara lain. Banyak orang yang melakukan korupsi sehingga membuat bangsa Indonesia sering dibodohi oleh negara lain. Kalau di bidang politik pemikiran pemerintah semakin maju.

 

Isi

Urbanisasi

Modernisasi dan globalisasi melahirkan industri yang maju hampir ke seluruh aspek kehidupan manusia. Sekarang ini masyarakat Indonesia. Kebudayaan berurbanisasi karena dari segi ekonomi pekerjaan susah dicari oleh masyarakat desa maka itu masyarakat desa kebanyakan pindah ke kota. Dari segi sosial masyarakat yang mempunyai penghasilan yang cukup pasti memilih pindah ke kota supaya bisa mendapat pendidikan/pekerjaan yang mapan. Selain itu dari segi pendidikan juga mulai maju di kota, maka dari itu masyarakat desa lebih memilih hidup di kota karena pendidikan di kota lebih maju dan baik.

 

Kesenjangan Sosial Ekonomi

Semakin besar perbedaan untuk mendapatkan kesempatan semakin besar pula tingkat kesenjangan sosial ekonomi yang terjadi pada masyarakat. Menurut pendapatan perkapita sebagai akibat pertumbuhan penduduk yang relatif tinggi, ketidakmerataan pembangunan antar daerah akibat kebijakan politik dan kekurangsiapan SDM, rendahnya mobilitas sosial yang kurang menyukai persaingan dan kurang usaha.

 

Pencemaran Lingkungan Alam

Modernisasi pertanian sering mengakibatkan kerusakan lingkungan alam. Sehingga muncul jenis hama yang tahan terhadap obat pembasmi (pestisida). Sementara itu, kerusakan hutan sering diakibatkan oleh pencurian kayu dan penebangan tanpa penanaman kembali yang mengakibatkan banjir dan tanah longsor. Selain itu, limbah pabrik yang tidak menghiraukan pentingnya AMDAL dapat mencemari sungai dan udara.

 

Kriminalitas

Kualitas maupun kuantitas pembangunan/modernisasi yang dilakukan negara berkembang seperti masalah sosial yaitu: menipisnya ras kekeluargaan, meningkatkan sikap individualistis, meningkatnya tingkat persaingan, meningkatnya pola hidup konsumtif. Masalah-masalah tersebut dapat memicu munculnya tindak kriminal.

 

Lunturnya Eksistensi Jati Diri Bangsa

Di bidang ekonomi, masuknya perusahaan-perusahaan multinasional telah mematikan perusahaan masyarakat. Akibatnya, banyak perusahaan nasional yang gulung tikar dan tingkat pengangguran semakin meningkat. Selain itu kesenian di Indonesia, masuknya pengaruh musik mancanegara telah menyebabkan para pemuda dan remaja Indonesia meninggalkan kesenian asli Indonesia. Orang lebih suka mendengarkan musik-musik barat daripada musik-musik daerah seperti keroncong dan wayang.

 

Penutup

Kesimpulan

Dari sekian dampak banyaknya globalisasi pasti terdapat solusi untuk mengatasinya. Untuk mengatasi urbanisasi yang merupakan salah satu dampak globalisasi adalah menciptakan suatu kreativitas untuk membuka lapangan pekerjaan. Pemerintah hendaknya membatasi orang-orang yang melakukan urbanisasi sehingga tidak terjadi lonjakan penduduk untuk melestarikan lingkungan alam sebaiknya semua orang ikut menjaga kelestarian alam tersebut.

Jangan hanya membangun tanpa memperhatikan lingkungan alam. Contohnya tetap menyediakan area hijau di sekitar gedung-gedung.

 

Saran

Untuk menghadapi masalah ini seharusnya pemerintah harus bertindak tegas. Seperti dalam bidang ekonomi, budaya dan pendidikan.

 

DAMPAK MODERNISASI DAN GLOBALISASI BAGI INDONESIA

 

Pendahuluan

Indonesia merupakan negara terdiri dari beberapa budaya, sebaiknya Indonesia juga mempunyai banyak kelebihan saat ini kondisi Indonesia sangat buruk. Banyak orang yang melakukan korupsi. Sehingga membuat bangsa Indonesia sering dibodohi oleh negara lain. Selain itu Indonesia juga mempunyai dampak positif dan negatif di beberapa bidang. Dampak negatif misalnya di bidang budaya seperti Indonesia sering meniru budaya dari negara lain. Di bidang politik banyak orang yang melakukan korupsi. Kalau di bidang positifnya negara Indonesia sering bertukar budaya dengan negara lain. Kalau di bidang politik pemikiran pemerintah semakin maju.

 

Isi

Urbanisasi

Modernisasi dan globalisasi melahirkan kembali industrialisasi dalam bentuk yang lebih maju. Urbanisasi adalah proses perpindahan penduduk dari desa ke kota. Penyebab daya tarik urbanisasi adalah daya tarik ekonomi yang di kota orang mengharap mudah mendapatkan pekerjaan. Daya tarik sosial yang mengubah status sosial melalui berbagai macam cara seperti pekerjaan atau pendidikan. Daya tarik pendidikan bagi orang desa yang ingin menyekolahkan anaknya ke jenjang yang lebih tinggi mereka akan berupaya menyekolahkan di kota. Daya tarik budaya kehidupan kota sering pula ditafsirkan sebagai kehidupan yang serba modern.

 

Kesenjangan Sosial Ekonomi

Secara etimologi, kesenjangan berarti tidak seimbang. Hal ini terjadi karena kurang adanya kesempatan kerja untuk memperoleh sumber pendapatan. Kesempatan kerja, kesempatan berusaha dan kesempatan berpartisipasi dalam pembangunan. Sebaiknya semakin kecil perbedaan kesempatan-kesempatan tersebut, semakin kecil pula tingkat kesenjangan sosial ekonomi yang terjadi menurut pendapatan perkapita sebagai akibat pertumbuhan penduduk yang relatif tinggi peningkatan produktivitas.

 

Pencemaran Lingkungan Alam

Alam sebagai tempat hidup manusia dan makhluk hidup yang lain seperti flora dan fauna. Modernisasi pertanian sering mengakibatkan kerusakan lingkungan alam. Sementara itu kerusakan hutan sering diakibatkan oleh pencurian kayu dan penebangan tanpa penanaman kembali yang mengakibatkan banjir dan tanah longsor, limbah pabrik yang tidak menghiraukan pentingnya AMDAL dapat mencemari sungai dan udara.

 

Kriminalitas

Salah satu dampak modernisasi dan pembangunan adalah meningkatkan kriminalitas atau tindakan kejahatan. Seperti Indonesia ini sering sekali memunculkan masalah sosial seperti menipisnya rasa kekeluargaan. Meningkatnya sikap individualistis, meningkatnya tingkat persaingan, meningkatnya pola hidup konsumtif.

 

Lunturnya Eksistensi Jati Diri Bangsa

Perkembangan internet menyebabkan arus informasi dapat dinikmati oleh seluruh warga dunia dengan mudah tanpa dapat dikontrol oleh negaranya. Masuknya perusahaan-perusahaan multinasional telah mematikan perusahaan dan usaha-usaha masyarakat. Akibatnya banyak perusahaan nasional yang gulung tikar dan tingkat pengangguran semakin meningkat. Hal ini memperlihatkan gejala lunturnya eksistensi jati diri bangsa. Dalam kenyataannya negara-negara kaya tetap kaya dan negara miskin tetaplah miskin.

 

Penutup

Solusi

Pembahasan di atas menyimpulkan bahwa modernisasi dan globalisasi menimbulkan dampak positif dan dampak negatif.

 

Saran

Untuk menghadapi masalah ini seharusnya pemerintah harus bertindak tegas. Seperti dalam bidang ekonomi, budaya dan pendidikan.

~ by dewiazari on October 27, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: